Agen Resmi Produk Herbal Terbaik Dan Terpercaya

Breaking

Kamis, 15 November 2018

Langkah Pengobatan Tipes Secara Tradisional

Apabila berbicara mengenai obat tipes, maka dalam benak kita adalah banyaknya pil yang harus diminum, perlu dirawat inap dan perawatan lainnya. Namun tahukah Anda, ternyata ada Langkah Pengobatan Tipes Secara Tradisional.

https://klinikherbalwalatra.blogspot.com/2018/11/langkah-pengobatan-tipes-secara-tradisional.html

Tipes atau demam tifoid adalah penyakit yang dapat disebabkan oleh infeki bakteri Salmonella typhii. Bakteri ini biasa ditemukan di air atau makanan yang terkontaminasi dan disebarkan oleh orang lain di area yang sama. Demam tifoid umumnya terjadi di negara-negara berkembang khusunya pada anak-anak.

Hampir 100.000 penduduk Indonesia terjangkit penyakit demam tifoid tiap tahunnya. Oleh karena itu, penyakit demam tifoid dinyatakan penyakit endemik dan masalah kesehatan serius dalam negeri. Gejala dari tipes umumnya bisa diatasi selama 2-4 minggu yang disertai dengan pengobatan yang tepat.

Penyembuhan tipes pada tahap awal dapat dilakukan sendiri dirumah. Namun saat gejala mulai memburuk pengobatan medis sangat diperlukan. Berikut ini Langkah Pengobatan Tipes Secara Tradisional


1. Kompres Air Hangat

Cara ini bisa menurunkan suhu tubuh saat mengalami demam yang disebabkan oleh tipes. Cara Melakukannya dengan

  • Merendam kain bersih dalam air hangat dan peras hingga tak ada yang menetes
  • Kemudian letakkan kain tersebut di dahi dan gantilah secara teratur
  • Selain di dahi Anda juga bisa menempelkan kain di bagian tubuh tertentu

2. Konsumsi Makanan Bernutrisi

Mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi adalah bagian penting untuk mempercepat penyembuhan tipes. Hal ini karena tubuh membutuhkan banyak asupan nutrisi agar terhindar dari rasa lemah karena demam. Cara mendapatkan nutrisi tinggi dari makanan adalah sebagai berikut:

  • Tingkatkan asupan kalori agar bisa memberkan energi yang cukup pada tubuh
  • Konsumsi makanan yang kaya akan protein seperti susu dan telur
  • Konsumsi lebih banyak karbohidrat
  • Konsumsi lebih banyak jus buah, kaldu dan sup

3. Buah Cranberry

Buah cranberry memiliki sifat antibakteri yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Oleh karena itu buah ini layak dijadikan sebagai obat tipes alami. Anda bisa langsung mengonsumsinya atau menjadikannya jus untuk menambah energi pada tubuh, Untuk wanita hamil atau orang yang memiliki alergi terhadap buah cranberry ini, sebaiknya tidak menggunakannya sebagai obat tipes karena dikhawatirkan bisa menimbulkan efek yang berbahaya.

4. Jeruk

Jeruk memberikan asupan air, nutrisi dan mineral dalam tubuh, buah jeruk juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah dehidrasi. Jeruk juga memiliki efek pendinginan yang ampuh mengurangi rasa gelisah dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh tipes.

Cara menggunakannya cukup mudah hanya dengan memasukkan perasan jeruk nipis secukupnya ke dalam secangkir jus jeruk, minum sebanyak 3 kal sehari untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Bunga Jambu Biji

Sebagian orang mengetahui khasiat dra daun jambu biji untuk mengatasi diare, namun tak hanya itu, ternyata bunga dari jambu biji juga berkhasiat dalam mengatasi penyakit tipes. Hal ini karena banyaknya kandungan zat nutrisi, vitamin C dan zat besi didalamnya yang bermanfaat untuk mengatasi tipes dan penyakit lain yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Cara menggunaknnya yaitu:

  • Ambil bunga jambu biji secukupnya dan giling hingga halus
  • Campurkan dengan segelas susu kambing dan aduk hingga rata
  • Konsumsi ramuan ini sebelum makan atau saat perut kosong
  • Minumlah sebanyak 3 kali sehari hingga kondisi membaik

6. Bawang Putih

Bawang memang sudah sejak alam dipercaya bisa meningkatkan kesehatan pada penderita tipes. Bawang putih mengandung sulfur dan glukosinates yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bawang putih juga mampu mengeluarkan racun dalam tubuh, menurunkan demam dan membuat tipes cepat pulih.

Cara menggunakannya dengan mengonsumsi dua atau satu siung bawang putih saat perut masih kosong. Jika tidak suka dengan rasanya Anda bisa merebus beberapa siung bawang putih ke dalam beberapa gelas air mineral kemudian minum airnya.

7. Madu

Madu ampuh dalam mengatasi gangguan pencernaan yang mungkin muncul saat mengalami tipes. Selain itu, tidak diragukan lagi khasiat madu dalam mengusir bakteri jahat dalam tubuh. Cara menggunakannya dengan:

  • Masukkan satu sendok makan madu ke dalam air hangat
  • Minum obat herbal ini sesering mungkin dalam sehari untuk mengembalikan energi yang hilang

Baca Juga : Khasiat Madu Dalam Mengatasi Demam Tifoid

8. Buttermilk

Langkah Pengobatan Tipes Secara Tradisionalyang berikutnya yaitu dengan menggunakan buttermilk. Buttermilk adalah susu yang dihasilkan dari fermentasi mentega. Makanan yang satu ini sangat mudah dicerna sehingga membantu tubuh terhindar dari dehidrasi dan mepercepat proses pemulihan tipes. Adapun cara yang harus Anda lakukan adalah :

  • Konsumsi dua gelas buttermilk setiap hari sampai sembuh
  • Anda juga bisa menggunakan cara lain, yaitu campurkan 2 sendok teh jus daun ketumbar dengan buttermilk, kemudian konsumsi sebanyak 2 kali sehari selama seminggu
Gangguan pencernaan juga bisa muncul saat Anda menderita tipes, sehingga buttermilk adalah pilihan yang tepat untuk mengatasi keadaan ini.

Tips:

  • Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan lemak berlebih setiap hari.
  • Konsumsilah makanan sehat, seperti kacang polong, nasi, bubur, sayur-sayuran, dan ikan.
  • Konsumsilah lebih banyak makanan berserat tinggi jika Anda mengalami sembelit akibat demam tifoid.
  • Ambil ½ sendok teh biji psyllium ke dalam beberapa air hangat dan konsumsilah untuk memperlancar buang air besar .
  • Istirahat cukup karena penyakit tipes dapat membuat Anda mengalami kelemahan.
  • Jangan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan tanpa mengupas kulit terlebih dahulu.
  • Cucilah tangan dengan benar sebelum makan atau saat menyiapkan makanan.


Rekomendasi Suplemen Herbal:

http://medikaherba.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar